Myob For Accounting

Dewasa ini banyak ditawarkan Software Manajemen untuk perusahaan skala kecil menengah yang menawarkan bermacam fitur yang bertujuan untuk memantau kinerja perusahaan.
Fitur antara produk yang satu dan produk yang lainnya terkadang hampir sama. Demikian banyaknya merek produk yang ditawakan dipasar sehingga terkadang justru membingungkan calon pengguna.
Salah satu yang bisa kita gunakan dalam pengelolaan bisnis dengan mempergunakan produk software MYOB. Beberapa produk release terakhir yang dijual untuk wilayah Asia yang dapat digunakan untuk pengguna di Indonesia antara adalah:
  1. Business Basic
  2. Accounting versi 17
  3. Premier versi 11
  4. Retail Manager versi 7
Point 1,2 dan 3 merupakan software MYOB untuk pengelolaan administrasi backend, sedangkan point 4 digunakan untuk pengelolaan front end retail seperti toko, supermarket dan sejenisnya.
Sebelum memutuskan untuk membeli produk ini, pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu, apakah transaksi berkaitan dengan mata uang asing, digunakan pada saat yang bersamaan, memerlukan pengelolaan item persediaan, dsb. Dengan demikian diharapkan investasi pembelian software yang Anda keluarkan tidaklah sia-sia.
Secara singkat, Modul yang dimiliki MYOB adalah sebagai berikut :
  • Account, digunakan untuk pengelolaan account-account perusahaan baik account rugi/laba maupun account neraca, pencatatan journal umum transaksi, dan pengelolaan budget perusahaan.
  • Banking, digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan uang perusahaan yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian dan penjualan.
  • Sales, digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan penjualan yang dilakukan perusahaan.
  • Time Billing, digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu.
  • Pembelian, digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang dilakukan perusahaan.
  • Modul persediaan digunakan untuk mengelola informasi mengenai item persediaan seperti jenis barang, informasi pembeliannya, informasi penjualannya, informasi asal barang, informasi lainnya yang berkaitan dengan persediaan, serta untuk mengelola perpindahan persediaan dari lokasi yang satu ke lokasi yang lainnya.
  • Card File, digunakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti Supplier, Vendor, Karyawan maupun personal.
Keuntunggan menggunakan MYOB :
  1. Kemudahan penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakannya walaupun yang bersangkutan tidak memilikilatar belakang pembukuan sama sekali.
  2. Accounting Power, sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software ini cukup dapat diandalkan.
  3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta
  4. Departmentalisasi.
  5. Proses instalasi dan maintenance yang murah.
  6. Tenaga kerja yang paham MYOB cukup banyak.
  7. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
  8. Nilai investasi yang relatif murah.
  9. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat.
Adapun kelemahan MYOB antara lain :
  1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
  2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
  3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
  4. Untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
  5. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
  6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

0 komentar:

Posting Komentar